Jumat, 24 Februari 2012

Norton Internet Security 2012 Full Version

Komputer yang selalu bergelut dengan internet membutuhkan tingkat pengamanan yang tinggi. Apalagi, saat ini ancaman yang bertebaran bukan hanya sekadar virus saja. Oleh karena itu, perlindungan menyeluruh mutlak diperlukan. Bagi komputer seperti itu, perananan aplikasi antivirus saja tidak cukup. Penggunanya masih membutuhkan pengamanan tambahan.

Dengan alasan tersebut, Symantec menghadirkan paket aplikasi keamanan yang lebih lengkap dibanding antivirus biasa, yakni Norton Internet Security (NIS).

Dilihat dari antarmuka dan beberapa fitur, NIS 2012 masih mirip dengan versi terdahulunya seperti NIS 2011 dan 2010. Tampilan dan fungsi relatif sama namun dengan beberapa fitur baru. Jadi, bagi Anda yang pernah menggunakan versi terdahulu, Anda akan merasa familiar dengan NIS 2012.

Dari sisi pembaruan, NIS 2012 menawarkan beberapa fitur  baru di antaranya adalah tampilan Control Center yang bisa dikustomisasi, manajemen bandwith, identify alert yang dipindahkan ke Norton toolbar sehingga tidak terlalu mengganggu aktivitas komputasi Anda, dan tentu saja pembaruan dari sisi keamanan yang lebih baik.

Fitur
Kemampuan utamanya jelas, melindungi komputer dari ancaman yang membahayakan sistem dan data. Di NIS, Anda akan mendapati fungsi khas sebuah aplikasi keamanan. Contohnya perlindungan secara real-time, pendeteksian file ataupun folder secara manual maupun otomatis terjadwal. 

Di sini pengguna juga akan mendapatkan kemudahan untuk melakukan update database secara berkala. NIS juga akan memantau file yang sedang diakses melalui jaringan maupun internet. Jadi Anda tetap aman melakukan pengunduhan file dari internet.

Norton Internet Security 2012Di Activity Map, Anda akan disajikan informasi mengenai aktivitas online yang terpantau dari server Norton. Data mengenai ancaman terbaru yang mampu dideteksi Symantec dari seluruh dunia akan ditayangkan secara real-time.

Seluruh ancaman yang terdeteksi dan berhasil dihalau ini ditampilkan melalui running text. Anda juga bisa mendapatkan detail dari tiap ancaman yang ditampilkan. Nantinya informasi tersebut akan ditampilkan melalui situs Norton.

Norton Internet Security 2012Jika Anda merasa curiga terhadap sebuah situs apakah terdapat virus atau ancaman lain, Anda bisa memeriksa terlebih dahulu lewat fitur Safe Web. Di sini Anda bisa memasukkan alamat situs yang dimaksud. Symantec kemudian akan memberikan laporan terkait ada atau tidaknya ancaman.

Menggunakan NIS 2012, Anda juga akan mendapatkan aplikasi tambahan dengan mengakses Norton Mobile. Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis dan memanfaatkannya untuk dipasang pada gadget berbasis Android.

Uji Coba
Uji coba terhadap Norton Internet Security kami lakukan pada notebook Acer Aspire 4315 berprosesor Intel Celeron 560 kecepatan 2,13GHz dengan memori sebesar 2,5GB dan menggunakan sistem operasi Windows 7 Ultimate.

Saat instalasi, proses pemasangan bundel pengamanan berukuran 523MB ini sendiri hanya memakan waktu 49,73 detik. Sedikit lebih lambat dibandingkan dengan instalasi NIS seri 2011. Berikut ini kondisi komputer sebelum dan sesudah diinstalasikan Norton Internet Security 2012.

Tanpa AV NIS 2012
Kinerja

Windows Startup 37,9 detik 40,05 detik
Windows Restart 56,8 detik 59,7 detik
Windows Shutdown 10,4 detik 12,9 detik
Konsumsi Sumberdaya 

Windows Idle CPU Usage 0-1%  0-1%
Windows Scan CPU Usage 61-100%
Windows PF Usage 436-461MB 642-646MB
Windows Scan PF Usage - 732-758MB
Saat pengujian, kami mencoba melakukan pemindaian terhadap data sebesar 1GB yang terdiri dari dokumen dan file  dengan berbagai format seperti PDF, DOC, RTF, XLS, TXT, HTM, CSS, JS, EML, TIF, GIF, EXE, INI, AVI, dan MP3 yang tersimpan dalam 2 buah folder.

Ternyata, aplikasi ini mampu menuntaskan pemindaian seluruh file-file tersebut dalam waktu 21,43 detik saja. Selain itu, secara otomatis ia juga memeriksa sejumlah file lain milik sistem untuk memastikan keamanan.
                               
Dari uji coba singkat yang kami lakukan, kami menilai NIS 2012 ini bisa menjadi solusi keamanan ideal untuk memberikan perlindungan pada PC dan mencegah risiko ancaman saat melakukan aktivitas online ataupun offline.

Beberapa fitur tambahan juga melengkapi fungsi utamanya sebagai aplikasi keamanam. Anda juga akan mendapati fitur yang akan mendeteksi kinerja sistem dimana akan memberikan informasi apa saja yang mesti dilakukan nantinya.

Di Indonesia, Symantec Norton Internet Security 2012 tersedia di kisaran harga Rp256.500 untuk 1 pengguna dan Rp386.500 untuk 3 pengguna selama pemakaian 1 tahun.

Kelebihan
•    Fitur proteksi keamanan lengkap
•    Punya fitur tambahan untuk pengamanan

Kekurangan
•    Dibanding sebelumnya, NIS kali ini sedikit lebih banyak mengonsumsi sumber daya sistem. (vivanews)

Download Norton Internet Security 2012 Full Version

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar